CHAMPIONS CONFERENCE AGUSTUS 2019

Semangat pagi, Rabu 14 Agustus 2019 ERA Indonesia kembali menggelar mini conference yang sudah ditunggu- tunggu dengan tema “CHAMPIONS CONFERENCE 2019”. Berlokasi di Lotus Room  Jakarta Design Center, acara dimulai pada pukul 09.30 dan di hadiri lebih dari 300 peserta baik dari ERA dan Non ERA.

 yang sangat antusias dengan berbagai acara mulai dari Seminar “Dynamic Dialogue”, Awarding Top of The Month Regional dan TOP 25, kemudian setelah makan siang dilanjutkan sesi utama yang merupakan puncak acara dengan menghadirkan Mr. Govin Bala, Principal of GDS Properties – Malaysia yang memberikan presentasi yang begitu berguna dan bermanfaat untuk peserta yang hadir.

Acara sesi awal yang dimoderatori oleh Davit Setiawan, Training Division ERA Indonesia dengan mengundang para pembicara, yaitu : Murnianti Tjahjono, ERA Graha; Nurhayati, SE, MM, ERA Victoria; Arief Budiman, ERA Fajar; Andreane Tamaela, ERA Star yang tentunya mejadi sesi sharing kali ini sangat diminati oleh peserta yang hadir. Masing-masing pembicara memberikan tanggapannya dari apa yang sudah dialami selama mereka bekerja di ERA bagaimana lika-liku perjalanan yang dijalani.

Murni Tjahjono, yang memulai menjawab  pertanyan yang disampaikan oleh moderator ialah  apa alasan beliau bisa bertahan sampai sejauh ini di ERA “karena pada dasarnya harus ada rasa suka terlebih dahulu bila ingin melakukan sesuatu dan saya merasa di properti agent ini saya banyak mendapat wawasan seperti dari segi legal dan juga perbankan” –ujar Murni Tjahjono. Kemudian disusul Nurhayati, SE, MM yang memberi point penting bagaimana bertahan dalam bidang properti ialah Setting Goals, Plan do Review, Review.

Dilanjutkan Arief Budiman yang dimana beliau membranding diri-Nya supaya dikenal banyak orang maka dengan begitu Ia akan dapat dengan mudah menjual properti yang ditawarkan bagi calon pembeli, terakhir Andreane Tamaela memberi tanggapan yang tidak kalah mencengangkan, saat baru bergabung di ERA Indonesia yang sebelumnya berlatar belakang Hospitality Industry. Kemudian sudah bekerja di hotel selama 15 tahun lalu saat diajak rekannya untuk bergabung di ERA dan mengikuti SST beliau merasa seperti sudah masuk lagi kerumah ke-2 yang membuat merasa nyaman akan kegiatan baru yang dijalankan.

Setelah makan siang berakhir kemudian sesi utama yang dimoderatori langsung oleh Bapak Darmadi Darmawangsa, selaku President Director ERA Indonesia yang berjudul “STRUCTURING DEALS CREATIVELY” dengan kedatangan Mr. Govin Bala yang merupakan Principal of GDS Properties dari Negeri Jiran - Malaysia, beliau sudah lama menangani properti yang rumit dan besar dengan proses yang beliau tangani sendiri. Awal memulai karir sebagai seorang investor di usia 20 tahun, namun dikarenakan kekurangan biaya kala itu sehingga Ia memulai menjadi seorang agent. Lalu ketika sudah memiliki cukup biaya dari setiap properti yang terjual, “maka 3% dari hasil jual yang saya dapatkan bisa dijadikan nilai investor bagi saya” –Ujar Govin.

Kemudian disela-sela sharing Govin berpesenn untuk para agent yang kebanyakan cara berfikirnya sangat individual serta competitive sehingga cara tersebut yang membuat penghasilan dari nilai yang terjual sangat minim. Oleh sebab itu harus menjadi seorang agent yang kreatif seperti bukan hanya sekedar membuat iklan, tapi harus juga menggunakan kata-kata yang buat orang lain tertarik kemudian membandingkan iklan yang anda buat dengan orang lain namun pada akhirnya memilih anda sebagai agent yang dibutuhkan. Dalam proses negosiasi pun sangat penting apabila sedang dalam masalah besar bagaimana caranya menangani atau menegosiasikan agar masalah tersebut dapat teratasi dengan menggunakan cara yang mudah.

Di akhir sesi, Govin juga memberi kesempatan bagi peserta bila ingin bertanya dan dengan senang hati menjawab. Para peserta pun dengan tidak sungkan bertanya dan Govin memberi jawab sesuai apa yang sudah Ia alami selama menjadi seorang Principal of GDS Properties, sehingga membuat para peserta menjadi sangat termotivasi akan jawaban-jawaban yang dinyatakan oleh Mr. Govin Bala.